Friday, July 2, 2010

Penasaran

 Tau nggak gw tuh orangnya gampang penasaran. Kalo gw dah penasaran, pasti orang nganggep gw tuh orang paling aneh sedunia, dan nggak bakalan mau kenal gw. Setiap kali gw penasaran sering banget pake ada embel-embel “maiank kan emang sukanya sama daon tua” , karna gw selalu bilang gw paling gak suka sama brondong dan suka merhatiin org tua-tua gt. Ya gw si nggak masalah brondong apa enggak yang penting dewasa, masalah merhatiin org tua itu jauh dari persepsi mereka, tapi terserah mereka mau mikir apa.





Gw akan cerita 2 kejadian deh

Beberapa hari ini gw nongkrong diperpus, gw dimeja luar aja tapi, dilorong gw liat bapak-bapak, entah kenapa, what the reason?gw jg ga tau, gw simpati at the first sight…bapaknya sederhana, teduh liatnya, beda banget. Mata gw terus nguntit bapaknya, sampe saya jg ngikutin bapaknya pergi, gila emang gw. Gw langsung beberes, masukin barang2 trus berdiri disebelah bapaknya nunggu lift nyampe dilantai 4 tepat diperpus. Gw senyumin bapaknya tapi mungkin bapaknya nggak ngeh gitu deh, nggak papa, gw nggak menyerah. Gw masuk gw masih perhatiin bapaknya gitu deh.

Esoknya, alias hari ini gw duduk ditempat yang sama di depan perpus biasa sama si obox(compi jinjing gw)..gw liat bapaknya keluar dari laboratorium, jalan dilorong, kebetulan meja gw itu tepat didepan lorong. Kali ini gw nundukin kepala, gw senyum senyum maniiiiiiis banget(walau senyum gw standar ga ada manisnya), akhirnya bapak itu nundukin kepala juga, sambil melambaikan tangan, yes berhasil!!kenapa?maybe gw ngerasa kaya kakek gw.

Cerita selanjutnya.....

Gw kagum ama salah satu dosen. Beliau udah tua jg, pinter, beda deh sama dosen-dosen lain, bapaknya nggak neko-neko, dialah dosen paling sederhana. Ceritanya itu pas pertama disemester 4 gw baru dapet kuliah nah gw telat, dilift gw dah deg degan, nah ketemu kakak angkatan trus tanya-tanya gt tentang beliau,kakak angkatan bilang bapaknya itu pendiem, dan  pinter sabar lagi kalo telat nggak bakal dimarahin. Tapi tau diri lah lu…

Gw masuk, bener pintunya dibuka dan yang bikin kaget bukan bapaknya tapi yang didalem kelas cowo semua, mereka yang heran gt, liat anak kecil pake rok tas ransel, lusuh abis, masuk disarang penyamun, baru saat gw duduk gw liatin bapaknya. Tau nggak mata gw kemana? Ke tangan bapaknya, dijarimanisnya ada cincin, emas tapi agak putih gitu. Dari situ banyak yang bisa ditarik…apa ya…(otomatis sudah menikah, iyalah seumuran kakek gw, setia, dan nonmuslim, tapi gw ga pernah mempermasalahkan hal itu kok)gw sayang semuanya.

Beberapa mata kuliah gw sama bapaknya, karena bapaknya top abis kalo masalah system kntrol, instrumentasi,mikrokontrol dan elektronika. Dan pas pulang kuliah gw ikutin bapaknya, gw liatin sampe keluar gerbang kampus. Tuh temen-temen udah pada nyangka gw yang enggak-enggak deh. Dan gw sekali lagi “bodo amat yaa”

Yang bikin salut, bapaknya selalu ngisi kuliah jam 7 dan nggak pake telat(emang gw?). Dan bapaknya itu naek bus, padahal dosen2 yang laen mobilnya mewah-mewah gitu. 1 pelajaran yang gw dapet, orang pinter nggak selalu kaya, heloh?hhahaha, maksud gw bapaknya itu punya hal lain yaitu kesederhanaan, hei pencapaian tertinggi bukan masalah kaya dan miskin tapi kaya hati. u know lah…pokonya gituh. Walau gw yakin semua orang pengen tajir, tajir harta dan hati.

Ternyata gw seneng banget pas dapet dia dosen kerja praktek, dan kakak angkatan udah nyuruh gw hati-hati bakalan lama selesainya a.k.a repot dan ternyata bener deh, satu persatu hurup titik, koma basar kecil, paragraph, sampe kata yang penting ga penting dikoreksi, bayangin aja berapa lama gw diruangan bapaknya, dan hamper 8 bulan kaya begitu. Bukan tanpa tugas, gw ngrasain semua ilmu harus gw keluarain. Dari matematika, fisika, biologi, dasar menejemen, ekonomi teknik, system pertanian, dan tentunya bahasa inggris yang ancur berantakan gt gw. Biasanya yang berbau dasar ga dikupas tuntas, jadi yang berkaitan doank nggak nyangka sampe segitunya deh, padahal abis ujian ctrl+a+del dimata bapaknya semua jadi berbeda semua dibahas. Gw  kira bapaknya Cuma ahli dibeberapa bidang fisika dan mekanika ternyata semua dikuasai loh ternyata sampai biologi masya Alloh, padahal tugas gw Cuma kualitas dan kuantitas, bisa sampe mana-mana gitu(kreatiiif bener biking gw nunduk mualu gak bisa jawab). Temen-temen gw tau kalo muke gw kusut pasti habis dari ruang bapaknya berjam-jam. Dulu gw sering kerumah bapaknya buat belajar buat PCB, tau kan ya rangkaian mikro gt, tau nggak saya dapet apa? Saya dapet D. padahal hamper setiap hari saya kerumah bapaknya buat ngrancang, betapa begonya gw kan?iya kan?, ya nggak juga siyh benernya. Tapi ada hal laen yang ga yang laen dapetin, walo gw cewe gw nggak copas buat desain, gw nggak ketukang elemen mesin untuk buatin rancangan desain itu, gw lakuin sendiri, dari ngebor, nyolder , sampe buat lampu nyala kedap kedip yang bisa  semau bapaknya. Ternyata masalah gw ada diteory, giliran berhasil alatnya teory gw lemah. Nggak papa, coz everything is gonna be okay.  …semua ada pelajarannya gw emang rada oon gt kalo masalah bilangan biner 101010101.


Sekarang kakak gw tercinta setiap malem belajar mikro dan instrumentasi, bayangin sampe jam 1-2 malem, salut ya sama bapaknya, dosen mana mau ngajarin berbulan-bulan kaya begitu? Kakak gw cape tapi pasti dosen gw lebih cape, 1 kampus menyebut dosen itu adalah bokap gw, hahaha masa bokap ngasi anaknya nilai D.

Pernah kepikiran, kok bapaknya nggak nawarin atau nyinggung masalah penelitian ama gw yah, padahal temen-temen udah kasak kusuk tentang penelitiannya bapaknya. Dan gw sama sekali nggak tau. Oh no. Sempet mikir apa gw terlalu bego?

Pas selesai ujian presentasi sama bapaknya, beliau bilang, “sudah dapat penelitian apa belum?” ya gw bilang udah. Gw nangkep sekarang beliau pengen gw focus dulu sama yang sedang gw kerjain setelah selesai baru mikirin yang lain untuk tahap selanjutnya. Jadi terharu…(ternyata bukan karena gw bego kan ya…)

Sekarang bapak handoyo lagi sakit, maiank doain bapak cepat sembuh ya pak…

Doakan ya teman-teman…

6 comments:

yudex said...

kamu kalo gak suka brondong sama aku aja.. kayaknya kita cocok deh. hehe

iya, aku doain semoga gurumu cepat sembuh.

maiank said...

@yudex:hahaha kipas kipas...

makasiii :)

siroel said...

wah, gw langsung mengundurkan diri nih, soalnya gw kan brondong imut, jiakakakakkaakkak.....

menjadikosong said...

aku suka kalimat-kalimat di paragraf pertama sampai ketiga. jika diseriusin, kata-kata itu akan menjelma nada. kejujuran maiank mampu mengalirkan kisahnya dengan sangat ringan. aku suka. salam

ieyaz said...

weww..itu mah nekad mbak namanya..
tapi hebatt,,,hebattt,,, *tepuk tangan*

semoga pak handoyo cepet diberi kesembuhan mbak.. aminnn.. :)

Elsa said...

ya deh, turut berdoa buat Sang Dosen kesayangan...

kalo dipikir pikir, emang orang berotak cemerlang tuh jarang yang kaya. maksudku...
yang kayak ilmuwan gitu...
di Indonesia kan kurang dihargai
gaji dosen aja rendah dibanding negara negara lain..