Thursday, March 11, 2010

Pentas seni



Aku suka mengamati dan mengagumi seni apa saja dari lukis, rupa, sastra, dan musik. Aku bersyukur bisa berada dikota Jogja yang terkenal dengan keseniannya, punya keunikan tersendiri. Aku juga suka kesenian wayang (kulit atau orang) tapi belum suka dengan wayang golek(agak takut juga masalahnya hehehe). Aku juga suka seni tari, waktu SMP kalo mau lulus harus bisa satu tarian daerah lampung, jadi seneng aja bisa belajar tari.


Beruntungnya juga disini punya kakak(sista ke2) yang suka juga sama kesenian, jadi kadang  kalo lagi mumet (:pusing), jalan dari pagi sampe malem buat keliling gag jelas maksudnya buat yang berhubungan sama seni. Bersyukur banget karena jarang ada orang yang mau diajak seperti itu biasanya kebanyakan gag pada mau.

Beberapa waktu yang lalu kita berdua nonton ketoprak, pameran lukisan, pementasan tari juga. (walau kadang pakai bahasa Jawa kromo inggil yang kita berdua gag ngerti, tapi kalo bahasa Jawa biasa lumayan ngerti, kadang kalau orang pada ketawa kita cuma diem, giliran orang diem malah kita ketawa*karna kita ngerasa dudul aja*tapi kita tetep suka.)

Ini waktu nonton  Ketoprak di Taman Budaya ini dimainkan oleh pejabat2 kota jogjakarta, dari walikota, sampai pak camat.



Dan ini pementasan tari :
Pentas ambalwarsa 42 dari UKM Swagayugama (Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Jawa Gaya Yogyakarta Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) pada tanggal 6 maret kemarin.


Pertama: Tari Beksan Sari Sumekar

Tari Beksan Sari Sumekar merupakan dasar dalam ragam tari putri khas Yogyakarta Mataraman. Tari ini menggambarkan proses seorang gadis yang sedang berlatih menari dari pemula hingga kemampuannya berkembang



Kedua: Tari Pendet
Unit Tari Bali Natya Wiraga Adigama (UTB)

Tari Pendet  merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan dipura. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.


Ketiga : Tari Beksan Gambyong Pangkir
Unit Kesenian Jawa Gaya Surakarta (UKJGS)

Tari Gambyong merupakan tarian khas dari jawa tengah. Konon tari  Gambyong tercipta dari nama seorang penari bernama Gambyong. Penari dengan wajah cantik jelita tersebut hidup pada zaman Sinuhun Paku Buwono IV di Surakarta (1788-1820). Tarian ini merupakan tarian tentang remaja putri yang beranjak dewasa. Ciri khas pertunjukan tari Gambyong sebelum dimulai selalu dibuka dengan gendhing pangkur



Ada satu tarian lagi yaitu Tari Beksan Klana Topeng..karena waktu sudah larut malam gag boleh lebih dari jam 10.00 nanti cinderella jadi upik abu maka harus segera pulang...hehehehe
 
Ulang tahun Swagayugama ke 42 th kemarin juga bekerja sama dengan UFO Ugm ( Unit Fotografi Universitas Gadjah Mada)

Info keterangan tarian: Swagayugama notes



foto:maiank

22 comments:

ieyaz said...

wahh..mbak aku juga suka seni.. tapi nggak bisa seni.. *nahlo..gimana tuh*
heheeee.... :P

pasti seru banget ya mbak bisa nonton pertunjukan tari dari berbagai daerah gitu..

masalah bahasa jawa..jangankan mbak maiank yang dari lampung,,, aku yang dari lahir sampe sekarang tinggal dijawa aja masih blepotan kok bahasa krama inggilnya.. hahahhaa.. :P

ieyaz said...

asyikkkkk...pertama euy...
ayeyy... *joged-joget*

pertama..dapet gratisan nonton di XXI ney haruznya..

*dilempar sandal..

kaburrrrrrrrrr ahhh... :P

Darin said...

kunjungan perdana dan langsung bengong...
ada juga ya blog yang nyeritain seni tari? :D hebat banget.
jadi tambah wawasan tentang seni negri sendiri, good work!

Desfirawita said...

aku juga suka seni, malah sering bengong ngelihat pementasan seni, antara kagum n ngarep pengen kayak mereka
hihi

dv said...

seni itu gag pernah bikin bosen yah..selalu ada aja yang bisa bikin kita tersenyum kagum melihat hasil seni..
aahh jd pengen ke jogja >.<

uci cigrey said...

mai dulu uciL ikut sanggar tari bali loh :) *info nggapenting*

asik yah mai di jogja :D nanti klo uciL ke jogja ajak muter3 :D
ke museumnya pengen

Dimas said...

wah seru juga nih kayaknya bisa nonton beragam pentas seni....

Alrezamittariq said...

emang jogja gak ada matinye....hehehe

Pohonku Sepi Sendiri said...

wuih wuih wuih..
keuren mai.. walo nggak asli jawa tapi krn sebuah kegemaran malah jadi tau banyak perihal budaya tarinya..

sekalian ikut belajar tari dong mai.. eh sapa tau ntar ada gunanya loh.. hehe..

The Michi said...

yaaah,,, seni memang indah,,, semalam lebih tepatnya di bandung aku abis nonton gabungan artis dan seniman sunda,,,, acaranya keren bgt.... 15 jam nontstop..!!!

btw minggu depn aku kejojga niih,,,,!! bisa kopi darat doong,,hahahaha

bandit™perantau said...

saya pernah nonton wayangan di rumah aula rumah dosen saya dulu... sya suka..
yang bikin saya sedikit gimana getowwww itu adalah saya gak paham bahasanya,,, pake bahasa jawa halus dan saya hanya ngerti yang bahasa kasarnya saja... hehehehehe


very nice pict...! :D

kebookyut said...

potonya bagus.. keboo juga suka seni tradisional, yah walopun nggak bisa.. hehe.. hanya penikmat

Pen Lab said...

bangga rasanya kalau anak2 muda dengan bangga pula memainkan seni mereka sendiri

ninneta said...

Hai...

apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


aku mengasihimu....


Ninneta

maiank said...

@ieyas:yee aku orang jwa kok...

ayuuk nonton, tapi bayar sendiri2 heheheeheeeeee
*beneran nii..

@darin:makasi darin...

@mb wiwit:sama donk mb..hihihi makasi mb.. :)

@mb dv:ayuuk kejogja... :)hihihi

@ucil:ajariiin doonk cil...
ntar insya Alloh kalo ada waktu aku anteriiin daaah..makanya cepet kejogja...

@Dimas:iyaaa...hehehe makasiii dimas.. :)

maiank said...

@kak reza:jelas dooonk kak...hehehehee

@pohon:hehehehehee aku orang jawa kali po...cuma tinggal dan dibesarin dilampung..

iya sempet dulu waktu dilampung , tapi sekarang udah gag ada waktunya hehehe
*sook sibuk hihihi

@michi:wew seruu donk ya....
insya Alloh kalo ada waktunya dan kalo gag ada halangan :)thanks mich..

@bandit:kayanya masalah kita sama...dong dong hahaha

makasi yaaa

@keboo:sama boo makasii ya.. ;)

@pen Lab: :)hehehehehe makasi sudah mampir..

@mb ninneta: thannks so much mb... :)segera datang..

Kang Sugeng said...

wuaaaaaaah... keren buanget Mai sumpah...
saya tu paling suka nonton ketoprak, sayang di Surabaya jarang ada pertunjukan seperti itu

Oyen said...

wahaaa...masih suka kesenian tradisional yah, salut dah.

dulu saya penari tradisional juga, pas masih SD-SMP, karena sekarang pake jilbab, jadi aktivitas itu saya tinggalkan

salam kenal dari mbak Oyen

hack87 said...

wah ada tapi pendet...keren :)

maiank said...

@kang sugeng: saya suka nonton ketoprak dari kecil sama keluarga kalo ditv, tengah pagi biasanya...
makasi kang..

@mbak oyen:hehehehe iya ni mb suka sekali...salam kenal kembali mb.. :)

@hack87:iyaa ada..:)

cord blood storage said...

Thanx for sharing such a useful information. I am definitely going to use it.

puspagiwang said...

waaaahhh baru nemu blog ini,. suka seni juga tow,.. kmaren nonton ambalwarsa swagayugama yng ke 43 ga tgl 26 maren kmaren??? seru lhow,. owya bsk tgl 1 mei kita juga ada pentas lagi di kraton, ya kali aja maw nonton
*promosi ceritanya* hehehe